inhands media logo

Insight in your Hands

Tips Masak Kentang Goreng ala Restoran Fast Foods

Kentang goreng menjadi salah satu camilan yang seringkali ditemui di restoran, kafe hingga di pinggir jalan. Di Indonesia, kentang goreng lebih familiar dengan nama french fries. Kentang goreng tidak hanya menjadi camilan yang enak saja tapi juga mengenyangkan.

Dengan rasa yang gurih ditambah lagi teksturnya yang renyah tentu membuat orang-orang akan suka dengan kudapan yang satu ini. Biasanya, kentang goreng disantap dengan cocolan yang terbuat dari saus sambal. Jika ingin memperkaya rasa, orang-orang juga akan menambahkan mayonnaise ke dalamnya.

Menariknya lagi, sekarang kentang goreng disajikan dengan bumbu tabur yang beraneka ragam. Dan saus cocolannya pun tidak hanya saus sambal saja tapi juga saus rumput, saus keju, saus barbeque dan lain-lain.

Meskipun sekarang ini sudah banyak yang menjual kentang goreng ala restoran cepat saji bahkan di kage, ternyata kamu bisa membuat makanan ini sendiri di rumah. Apalagi di internet sudah banyak beredar resep kentang goreng ala restoran fast foods.

Jadi, buat kamu yang ingin memasak kentang goreng di rumah sudah tidak perlu bingung lagi. Karena resep-resep yang beredar jika bisa kamu ikuti dengan baik maka kentang goreng yang kamu buat akan renyah seperti dijual di restoran fast food.

Cara Masak Kentang Goreng yang Renyah Sempurna ala Restoran Fast Foods

Perlu diketahui, cara memasak kentang goreng tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Supaya hasilnya lebih nikmat, kamu perlu perhatikan kualitas kentang, cara menggoreng, suhu minyak serta teknik penyajiannya.

Jika kamu ingin memasak kentang goreng renyah sempurna, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

1. Perhatikan kualitas kentang

Jika kamu  ingin membuat kentang goreng dengan rasa yang nikmat, maka kentang yang kamu gunakan harus berkualitas tinggi. Kamu harus mencari kentang dengan ukuran besar dan bersih.

Jika kentang sudah dibersihkan, maka potonglah kentang tersebut dengan ketebalan dari 1 hingga 1,5 cm. Sebenarnya, semakin besar potongannya maka daging kentang pun akan semakin terasa.

Tapi jika kamu menggunakan kentang yang telah diproses sebelumnya, kamu harus memilih kentang dari merk yang dikenal punya kualitas baik.

2. Gunakan penggorengan yang tepat

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan penggorengan yang tepat yaitu yang ada saringannya supaya kentang goreng bisa diangkat dengan mudah secara bersamaan.

Supaya hasilnya lebih merata, kamu perlu pastikan jika jumlah minyak bisa merendam kentang secara keseluruhan. Dan suhu minyak paling ideal adalah 170 hingga 175 derajat celcius.

3. Perhatikan jumlah kentang

Pada saat menggoreng kentang, kamu harus pastikan jika jumlahnya tidak lebih dari setengah kapasitas wajan. Karena tujuannya supaya kentang dapat matang secara merata. Jika terlalu banyak kentang yang dimasukkan ke dalam wajan, akan membuat tekstur kentang jadi lembek.

4. Goyangkan kentang

Setelah dimasukkan ke minyak panas, kamu bisa goyangkan kentang dengan tujuan supaya kentang-kentang tersebut tidak saling menyatu. Cara ini juga akan membuat kegaringan kentang jadi pas. Kamu perlu melakukannya secara berulang supaya kentang dapat berubah warnanya.

5. Masak sampai kekuningan

Jika sudah dimasukkan ke dalam penggorengan, tunggu sampai kentang berwarna kuning keemasan. Setelah itu, angkat dan tiriskan minyak kemudian letakkan pada wadah yang sudah dilapisi kertas supaya menyerap minyak dari kentang yang sudah digoreng.

Kamu bisa ikuti beberapa tips di atas jika ingin menggoreng kentang ala restoran cepat saji. Kamu bisa bumbui kentang sesuai selera atau membuat saus cocolan supaya memperkaya rasanya. Kentang goreng yang renyah bisa segera kamu nikmati.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related articles

ria sw

Ria SW

FOOD BLOGGER

“Perjalananku gak akan pernah selalu mulus. Sama seperti kalian, tapi justru ini yang bikin kisah perjalanan kita semakin bermakna ketika kita berhasil mewujudkannya”

Ria SW

Editor's pick
Sponsor
Explore