inhands media logo

Insight in your Hands

Ketahui Apa Faktor Pembeda Bisnis Anda Dengan Bisnis Pesaing Anda

Banyak orang saat ini terjun ke dalam dunia usaha karena minimnya lapangan pekerjaan. Karena itu, persaingan dalam dunia usaha pun semakin ketat yang membuat para pemilik usaha mau tidak mau harus melakukan berbagai inovasi dan menonjolkan keunikan dari  produknya supaya tetap bertahan bahkan mampu merajai pasar. 

Semua pebisnis harus melakukan cara ini tidak peduli apakah usaha yang dijalankan sudah lama atau masih baru. Karena semuanya berlomba-lomba membuat usaha yang berani tampil beda supaya banyak orang melirik usaha tersebuit. 

Apalagi dalam melakukan inovasi tidak ada batasan yang pasti. Jadi selama ide itu masih ada, maka selama itu juga inovasi bisa terus dilakukan.

Tak dapat dipungkiri jika produk yang unik menjadi kunci dalam memenangkan persaingan bisnis. Terutama jika saat ini sudah banyak pelaku usaha yang menjajakan produk atau jasa yang sejenis, tentu Anda harus membuat usaha yang berbeda bahkan lebih menarik dibandingkan usaha dari pesaing Anda.

Cara Mengetahui Pembeda Bisnis Anda dengan Pesaing 

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa membuat bisnis Anda jauh berbeda dengan bisnis lain yang menjadi kompetitor Anda. Karena jika produk yang dijual berbeda, tentu akan lebih banyak pembeli yang melirik dan memperhatikan Anda. 

1. Diferensiasi pada Produk

Anda bisa membuat diferensiasi atau pembeda mulai dari produk fisik yang akan dijual nanti. Ada beberapa unsur yang bisa digunakan dalam membuat diferensiasi produk yakni:

Ketahanan produk: Anda bisa memilih pembeda produk berdasarkan ketahanan dari produk yang Anda jual. Jadi misalkan produk Anda lebhi tahan lama.

Kinerja produk: Kemudian, Anda juga bisa membuat diferensiasi pada kinerja produk. Kinerja disini mengaji pada kelebihan yang dimiliki sebuah produk pada saat dioperasikan.

Model atau desain: Anda bisa memiliki diferensiasi produk dalam hal model atau desainnya. Misalnya produk yang Anda jual adalah produk otomotif, maka desain ataupun model disini akan berperan penting.

2. Diferensiasi pada Sistem Pelayanan yang Diberikan

Kemudian, Anda juga bisa membuat diferensiasi pada sistem pelayanan yang diberikan apabila sulit membedakan produk fisik Anda dengan kompetitor. Anda bisa menetapkan beberapa perbedaan pelayaan seperti:

Pengiriman hingga ke tujuan: Sekarang ini, banyak perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik dengan cara mengirimkan produk hingga ke tujuan. Tapi Anda bisa tonjolkan beberapa aspek misalnya kecepatan dan kehati-hatian Anda dalam mengemas maupun mengirim barang tersebut.

Membantu melakukan pemasangan: Selain itu, Anda juga bisa melakukan diferensiasi dengan produk lain dengan cara membantu melakukan pemasangan. Tapi Anda harus menekankan pelayanan ini pada kualitas dari pemasangan itu sendiri.

Melayani konsultasi secara gratis: Meski sudah banyak perusahaan saat ini memberikan konsultasi gratis dengan harapan pembeli akan loyal, tidak masalah jika Anda juga menggunakan cara ini. Karena jika pembeli sudah loyal, sulit bagi mereka untuk pindah ke perusahaan pesaing Anda.

3. Diferensiasi pada SDMnya

Dan terakhir, Anda juga akan dengan mudah mendapatkan perhatian dari para pelanggan dengan menonjolkan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki. Karena jika SDM yang dimiliki perusahaan Anda berkualitas, memiliki kompetensi, sopan dan responsif tentu akan membuat para pelanggan nyaman pada saat membeli produk atau menggunakan jasa dari perusahaan Anda.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat ini, Anda harus membuat produk atau jasa yang berbeda dengan kompetitor Anda. Karena tujuan dari diferensiasi adalah tidak hanya membuat produk atau jasa Anda tampak berbeda saja, tapi Anda juga akan tahu apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan bisnis Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related articles

ria sw

Ria SW

FOOD BLOGGER

“Perjalananku gak akan pernah selalu mulus. Sama seperti kalian, tapi justru ini yang bikin kisah perjalanan kita semakin bermakna ketika kita berhasil mewujudkannya”

Ria SW

Editor's pick
Sponsor
Explore