inhands media logo

Insight in your Hands

Kecanduan Makan Junk Food? Ini Cara Mengatasinya

Semua orang dijamin kenal atau bahkan menjadi salah satu penggemar junk food atau makanan tinggi kalori namun minim nutrisi. Istilah junk food sudah dikenal sejak lama dan banyak pakar kesehatan selalu disiplin mensosialisasikan efek buruk kecanduan makanan tersebut.

Namun apa mau dikata, sensasi kelezatan yang khas gurihnya di kuliner junk food membuat banyak orang susah untuk melepaskan diri. Terlebih junk food memang ideal untuk menyantap makanan enak dengan sedikit pengorbanan. Tanpa perlu ke dapur, tanpa perlu antri lama, dan tanpa perlu menguras isi kantong.

Cara Mengatasi Kecanduan Junk Food

Junk food dengan segala kelebihannya memang selalu menjadi pilihan bahkan menyebabkan kecanduan. Konsumsi junk food berlebihan berpotensi meningkatkan resiko kesehatan. Seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan lain-lain. Jadi, wajib sekali untuk mengatasi kecanduan dari makanan jenis ini.

Supaya tak lagi pusing, kamu bisa mencoba mengatasi efek candu dari aneka kuliner junk food dengan cara-cara berikut ini:

1. Membuat Rencana Menu Makan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun rencana makan dalam sehari. Jadi, tinggal dibuat catatan untuk makan pagi rencananya akan menikmati menu apa saja, camilan apa saja, dan seterusnya. Adanya rencana makan membantu kamu berkomitmen untuk menyesuaikan dengan isi rencana tersebut. Sehingga tidak ada agenda makan junk food.

2. Membuat Batasan yang Ketat

Membuat batasan juga hal penting, mungkin bisa sesekali menyantap junk food. Misalnya saja seminggu sekali atau dua minggu sekali, jika sudah terbiasa maka bisa ditingkatkan menjadi sebulan sekali. Cara ini membantu tetap konsisten karena tidak menghindari junk food sama sekali melainkan mengatur porsinya dengan ketat.

3. Memilih Ngemil Sehat

Ada kalanya keinginan untuk memesan atau membeli junk food muncul karena sering diserang lapar. Orang-orang yang terbiasa makan tidak teratur lebih rentan kecanduan junk food tersebut. Solusinya adalah mencoba menyantap camilan sehat, seperti buah atau mungkin salad segar. Camilan sehat bisa memberi sensasi kenyang lebih lama sehingga menurunkan keinginan makan junk food.

4. Punya Tujuan Jelas

Mengatasi kecanduan junk food akan lebih mudah jika punya tujuan yang jelas. Misalnya saja kamu bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam sebulan. Maka kamu akan berkomitmen untuk menghindari junk food selama sebulan penuh. Adanya tujuan membantu kamu untuk melepas kecanduan junk food secara efektif, jadi mulailah dengan membuat tujuan yang jelas.

5. Mencoba Memasak Sendiri

Mencoba membuat masakan sendiri membantu kamu terbiasa menyantap makanan yang lebih sehat dan kaya nutrisi. Ada kalanya keinginan mengkonsumsi junk food muncul karena tidak ada makanan di rumah. Akan menjadi lain jika sudah memasak dan ada makanan di meja makan, maka keinginan makan junk food akan turun drastis.

6. Tidur yang Cukup

Orang yang kurang tidur cenderung mudah lapar dan kemungkinan mengkonsumsi junk food menjadi sangat tinggi. Oleh sebab itu, membantu upaya melepas kecanduan tersebut sebaiknya mulai memperbaiki pola tidur agar bisa tidur cukup.

7. Menjauh dari Sumber Godaan

Menjauhi sumber godaan untuk makan junk food juga penting untuk dilakukan. Misalnya menghindari jalan-jalan ke mall dan melewati stand junk food. Opsional lain adalah menghindari membuka aplikasi pesan makanan online. Sebab dijamin menu junk food akan menggoda iman.

Cara-cara di atas bisa membantu kamu untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan sama sekali efek kecanduan junk food. Memang tidak akan bisa dilakukan instan, perlu bertahap dan harus komitmen dengan tujuan yang dimiliki. Sehingga bisa terbiasa makan lebih sehat dan tubuh pun memberi reaksi positif atas perubahan tersebut.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related articles

ria sw

Ria SW

FOOD BLOGGER

“Perjalananku gak akan pernah selalu mulus. Sama seperti kalian, tapi justru ini yang bikin kisah perjalanan kita semakin bermakna ketika kita berhasil mewujudkannya”

Ria SW

Editor's pick
Sponsor
Explore