inhands media logo

Insight in your Hands

Berbagai Jajanan Berbahan Dasar Aci

Bandung dikenal sebagai kota yang sejuk dan asri. Karena itu, para wisatawan yang menginjakkan kakinya di kota ini akan merasa betah dan enggan pulang. Apalagi sederet makanan khasnya pun tak kalah membuat orang-orang jadi ketagihan.

Makanan khas Bandung tidak hanya terkenal di daerah asalnya saja tapi juga ke luar kota lainnya. Dan salah satu kuliner yang kerap dicari para wisatawan adalah jajanan kaki limanya. Jajanan kaki lima di Bandung bahkan populer sampai ke Ibu kota. Apalagi jika makanan tersebut berbahan utama aci.

Aci adalah adonan yang terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji. Teksturnya yang kenyal membuat banyak orang jatuh hati dengan segala jenis makanan berbahan dasar aci.

Deretan Jajanan Berbahan Dasar Aci yang Terkenal di Indonesia

Sebenarnya, untuk menikmati jajanan berbahan dasar aci tidak harus pergi ke kota kembang Bandung dulu. Karena beberapa daerah di Indonesia pun kini ikut menjual jajanan dari aci ini karena peminatnya yang banyak.

Berikut ini deretan jajanan dari aci yang namanya sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia:

1. Cilok

Jajanan berbahan dasar aci yang pertama adalah cilok. Cilok sendiri merupakan singkatan dari aci dicolok karena pada saat menyantap makanan ini biasanya akan dicolok atau ditusuk dengan tusukan sate. Sedangkan bentuknya sendiri mirip dengan bakso yang disajikan bersama kecap, saus kacang dan saus sambal.

Dan dalam pembuatannya sendiri biasanya tepung aci akan dicampur dengan kaldu atau air biasa kemudian diaduk hingga adonan menjadi Kalis. Adonan dibentuk bulat lalu direbus dengan air panas.Cilok kini diberi isian seperti ayam, abon, daging hingga sosis sehingga cita rasanya semakin lezat dan kekinian.

2. Cireng

Jika cilok singkatan dari aci dicolong, beda halnya dengan cireng yang merupakan singkatan dari aci yang digoreng. Cireng masuk ke dalam jajanan goreng-gorengan yang bentuknya pipih dan warnanya putih. Cireng memiliki tekstur yang renyah dan gurih luar dalam. Supaya semakin lezat, adonan cireng biasanya ditambahkan seledri atau irisan daun  bawang.

Cireng bisa dimakan langsung dan bisa juga dengan tambahan sambal saus kacang atau bumbu rujak sebagai bahan cocolannya. Tapi sayangnya jika sudah dingin, tekstur jajanan ini akan mengeras sehingga sulit dikunyah.

3. Cimol

Cimol dalam bahasa sunda adalah singkatan dari aci digemol atau dibulatkan. Jadi sajian ini adalah perpaduan antara cireng dan cilok karena bentuknya bulat seperti cilok dan digoreng seperti cireng.

4. Cilor

Selanjutnya ada cilor yang merupakan makanan asal Bandung dengan bahan dasar dari aci. Nama cilor sendiri singkatan dari aci telor. Jika aci lainnya dibuat dalam bentuk bulat maka cilor justru dipotong ke bentuk kotak kecil.

Tapi pada saat penyajian, cilor dimasak di wajan bercetakan bulat dicampurkan ke telur yang sudah dikocok baru kemudian digoreng. Telur yang digoreng menghasilkan tekstur renyah ditambah cilor yang kenyal dan gurih. Biasanya agar cita rasa cilor jadi lebih kaya akan ditambahkan saus sambal atau varian bumbu bubuk yang lezat.

5. Cilung

Dan makanan berbahan dasar aci yang terakhir adalah cilung atau singkatan dari aci digulung. Makanan ini mirip dengan sate. Cilung sendiri baru ada beberapa tahun belakangan ini sebagai bentuk modifikasi dari jajanan yang terbuat dari aci.

Jadi ada banyak sekali jajanan berbahan dasar aci yang lezat dan nikmat. Anda bisa mengonsumsinya sebagai cemilan di waktu senggang. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena Anda harus tetap mengisi perut Anda dengan makanan bernutrisi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related articles

ria sw

Ria SW

FOOD BLOGGER

“Perjalananku gak akan pernah selalu mulus. Sama seperti kalian, tapi justru ini yang bikin kisah perjalanan kita semakin bermakna ketika kita berhasil mewujudkannya”

Ria SW

Editor's pick
Sponsor
Explore