inhands media logo

Insight in your Hands

5 Jenis Branding Yang Wajib Di Terapkan Untuk Bisnis Anda

Di era globalisasi ini, branding menjadi sebuah hal yang penting dan harus dibangun dalam sebuah bisnis. Apalagi di tengah hilangnya batasan justru membuat persaingan usaha semakin ketat. Anda bisa melihat sendiri betapa banyaknya perusahaan dari luar negeri yang bisa berdiri di Indonesia.

Tidak satu atau dua buah perusahaan saja tetapi jumlahnya banyak. Karena itu, sebagai salah seorang pelaku usaha sebaiknya Anda harus bisa membangun branding awareness dari bisnis Anda. 

Karena dengan brand yang kuat, maka produk atau jasa Anda akan lebih mudah dikenal banyak konsumen. Sehingga meski pesaing sudah semakin banyak, hal ini tidak akan ada artinya jika Anda sudah memiliki brand yang kuat. 

Apa Itu Branding?

Branding dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam membangun dan membesarkan band. Branding bagi sebuah perusahaan tidak hanya sekedar merek saja tetapi image perusahaan secara menyeluruh atau cara supaya masyrakat tahu bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang terbaik.

Jenis-Jenis Branding

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa branding memiliki banyak jenisnya. Berikut ini ada 5 jenis branding yang harus diterapkan dalam bisnis Anda:

1. Product Branding

Branding Product bisa dibilang jenis branding yang paling umum atau paling banyak dilakukan. Dalam melakukan branding produck ini, Anda dituntut untuk melakukan cara-cara supaya konsumen mau memilih produk Anda diatas produk kompetitor yang ada saat ini.

2. Personal Branding

Selanjutnya ada Personal Branding yang bisa diartikan sebagai alat pemasaran paling populer yang ada di kalangan public figure misalnya artis,politisi, musisi, dan lain-lain. Karena orang-orang seperti ini sudah dikenal masyarakat dan masyarakat pun memiliki pendangan tersendiri pada orang-orang yang berasal dari kalangan public figure.

3. Corporate Branding

Corporate Branding merupakan aspek perusahaan secara keseluruhan mulai dari produk atau jasa yang akan ditawarkan hingga kontribusi yang dilakukan karyawan pada sebuah perusahaan. Corporate branding bisa dikatakan jenis branding paling penting jika ingin membangun dan mengembangkan reputasi sebuah perusahaan.

4. Destination Branding

Tujuan Destination Branding adalah mengenalkan sebuah produk atau jasa pada saat seseorang mengingat atau menyebutkan sebuah lokasi. Misalkan ada seseorang yang menyebut Yogyakarta maka kita akan langsung mengingat makanan gudeg.

5. Cultural Branding

Dan terakhir ada Cultural Branding dimana tujuan branding satu ini adalah mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan juga orang-orang yang berada di sebuah lokasi maupun kebangsaan tertentu.

Manfaat Branding dalam Sebuah Bisnis

Dalam bisnis, branding adalah sesuatu hal yang sangat penting apalagi di era yang persaingannya ketat seperti sekarang ini. Selain itu, branding juga memberikan banyak manfaat terhadap sebuah bisnis yaitu:

Membuat konsumen tertarik untuk membeli dan menggunakan sebuah produk atau jasa.

Membantu perusahaan dalam mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Membuka kesempatan bagi perusahaan yang ingin menetapkan harga jual tinggi pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Peluang untuk para pelaku usaha yang ingin melakukan pembeda atau diferensiasi produk.

Memberikan pembeda atau membuat produk atau jasa memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya berbeda dengan produk pesaing.

Itulah tadi jenis-jenis branding dan manfaatnya pada sebuah bisnis. Sebagai pelaku usaha, tentu Anda ingin produk atau usaha bisnis Anda lebih unggul dibandingkan pesaing. Karena itu, Anda harus melakukan branding yang baik pada produk atau jasa bisnis Anda. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related articles

ria sw

Ria SW

FOOD BLOGGER

“Perjalananku gak akan pernah selalu mulus. Sama seperti kalian, tapi justru ini yang bikin kisah perjalanan kita semakin bermakna ketika kita berhasil mewujudkannya”

Ria SW

Editor's pick
Sponsor
Explore